SELUK BELUK IMK

 


          Hai, apa kabar semuanya. Kembali lagi di blog akuu, di kesempatan kali ini aku mau ngebahas tentang seluk beluk dari IMK nih, oh ya kalian tau nggak sih kepanjangan dari IMK itu ? IMK itu adalah singkatan dari interaksi manusia dan komputer, yukk langsung aja kita bahas...


          SEJARAH INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (IMK)

       Pada tahun 1970 mulai dikenal istilah antarmuka pengguna (user interface), yang juga dikenal dengan istilah Man-Machine Interface (MMI), dan mulai menjadi topik perhatian bagi peneliti dan perancang sistem. Perusahaan komputer mulai memikirkan aspek fisik dari antarmuka pengguna sebagai faktor penentu keberhasilan dalam pemasaran produknya. Istilah human-computer interaction (HCI) mulai muncul pertengahan tahun 1980-an sebagai bidang studi yang baru. Istilah HCI mengisyaratkan bahwa bidang studi ini mempunyai fokus yang lebih luas, tidak hanya sekedar perancangan antarmuka secara fisik.


          PENGERTIAN INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (IMK)

      Menurut sumber yakni wikipedia, yang dimaksud Interaksi manusia dan komputer (bahasa Inggrishuman–computer interaction atau disingkat HCI) adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik.[1] Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan.


          PENGAPLIKASIAN INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (IMK)

          Pengaplikasian IMK ini dilakukan dalam beberapa bidang, yaitu :

·      Perkantoran

   Otomotif

      Penerbangan

      Komunikasi

      Dll


          ALASAN MENGAPA HARUS INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (IMK)

      Pada awalnya hanya pengguna tertentu yang bisa menggunakan komputer. Saat ini teknologi komputer sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia (pervasive), sehingga interaksi dengan komputer harus intuitif dan jelas. Keinginan manusia untuk mendapatkan kemudahan dalam menggunakan komputer untuk membantu pekerjaan manusia dalam menyelesaikan suatu persoalan. Perubahan teknologi > sistem harus didesain sesuai kebutuhan dan kemampuan orang yang menggunakannya dan bersifat transparan .Desain interface tidak hanya mempertimbangkan aspek fisik saja, tapi juga harus memperhatikan kemampuan dan keterbatasan manusia.

          TUJUAN INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (IMK)

        Menghasilkan sistem yang berguna dan aman.

        Sesuai dengan istilah disamping WYSIWYG (what you see is what you get)

        Mengurangi frustasi, ketidakamanan, dan kebingungan

        pada pengguna

        Memberikan feed-back yang diperlukan pengguna

        Membantu desainer dalam merancang sistem

        komputer yang user-friendly (ramah dengan pengguna)


          DISIPLIN ILMU PADA INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (IMK)

        Ilmu komputer (desain aplikasi & teknik human

interface)

        Psikologi (aplikasi dan teori proses kognitif dan

menganalisis perilaku user)

        Sosiologi & antropologi (interaksi antara teknologi,

work, dan organisasi)

        Industrial design (produk interaktif)

        Teknik sipil (infrastruktur fisik)

        Teknik Mesin (robotika)


PERBEDAAN UI DAN IMK

        User Interface

Bagian dari aplikasi yang memungkinkan pengguna

berinteraksi dengan komputer untuk menyelesaikan suatu

pekerjaan

        Human Computer Interface

Perancangan, implementasi, dan evaluasi dari user

Interface

 


0 komentar