PENJABARAN MENGENAI MODEL BISNIS INTERNET
ASSALAMUALAIKUM
WARRAHMATULLAHI WABARAKATUH
Halo teman – teman, untuk pembahasan kali
ini kita akan membahas mengenai Model Bisnis Internet. Apakah teman – teman sekalian
sudah ada yang tahu mengenai istilah ini ? Kalo belum, yuk sama – sama kita
simak. Langsung saja yaa..
Kita awali dengan
pengertian Bisnis, apa sih bisnis itu ?
Bisnis adalah sebuah
proses jual – beli baik berupa barang ataupun jasa yang tujuan dilakukannya
adalah untuk mendapatkan laba / keuntungan.
KONSEP BISNIS
Konsep bisnis mempunyai
3 tahap, yakni Create product – Sell – profit
MODEL BISNIS
Berikut 3 model bisnis
yang umum dikenal, diantaranya :
· B2B
(Business to Business) = Perusahaan > Perusahaan
1. Jual
Sistem Informasi
2. Jual
Website
3. Jual
Logo
4. DLL
• B2C (Business to
Consumer) = Perusahaan > Konsumen
1. Jual
Barang pribadi
2. Jual
Makanan
3. DLL
• C2C (Consumer to
Consumer) = Konsumen > Konsumen
1. Jual
Barang pribadi
2. Jual
Makanan
3. DLL
Model Bisnis untuk web
(Blog) yaitu ada 2, yaitu :
· Trafik
1. Jumlah
pengunjung/hari
2. Saran
> 1000
• Peringkat Website
1. DA
(Domain Autority) > Cek di MOZ
2. PA
(Page Autority) > > Cek di MOZ
Model
Bisnis Internet memiliki sumber pendapatan sebagai berikut :
- Dispaly
Ads (Ex: Adsense DKK)
- Program
Affiliasi (E-Commerce DKK)
- Jual
Produk Sendiri
- Job
Review
- Content
Placement
- Kompetisi
- Event
- DLL
Syarat – syarat agar sebuah web bisa mendapat Adsense / Display Ads, diantaranya :
- Blog usia minimal 6 bulan
- Jumlah artikel > 50
- Jumlah kata/artikel > 500
- Domain
TLD
- Trafik
> 1000 pengunjung/hari
- Desain
blog cepat & rapi
- Komponen blog lengkap (about, contact, disclaimer, privacy police)
- Rajin posting blog
- Daftar akun adsense
- Tunggu
konfirmasi & banyak berdoa
Menurut Alexander Ostenwalderdan Yves Pigneur, Komponen model bisnis dibagi menjadi 9 komponen, yaitu :
- Custommer segment, Dalam menjalankan roda bisnis, pertama sebuah perusahaan harus menetapkan siapa yang harus dilayani(pelanggan). Perusahaan dapat menentukan akan melayani satu atau bahkan lebih segmen.
- Value Proposition, Adalah manfaat yang ditawarkan perusahaan kepada segmen pasar yang dilayani.
- Channels, Merupakan sarana bagi perusahaan untuk menyampaikan Value Proposition kepada Customer Segment yang dilayani.
- Revenue Stream, Merupakan komponen vital. Umumnya perusahaan memperoleh pendapatan dari pelanggan. Namun banyak perusahaan bisa membuka aliran masuk pendapatan bukan dari kantong pelanggan saja.
- Customer Relationship, Cara perusahaan menjalin ikatan atau hubungan dengan pelanggannya.
- Key Activities, Merupakan kegiatan utama perusahaan untuk dapat menciptakan proposi nilai. Proposisi nilai adalah nilai yang dapat dirasakan dari produk yang perusahaan berikan sebagai solusi untuk masalah konsumen atau kebutuhan konsumen.
- Key Resources, Sumber daya milik perusahaan yang digunakan untuk mewujudkan proposal nilai. Sumber daya umumnya berwujud manusia, teknologi, peralatan, merek.
- Key Partnership, Sumber daya yang diperlukan oleh perusahaan untuk mewujudkan proposo nilai. Key partnership dapat berwujud join atau aliansi strategi.
- Cost structure, Adalah komposisi biaya untuk mengoperasikan perushaan mewujudkan proposi nilai yang diberikan kepada pelanggan. Struktur biaya yang efisien adalah kunci besarnya laba sebuah perusahaan.
Sekian dulu ya teman – teman. Semoga ilmu
nya bermanfaat bagi kita semua.
0 komentar