PENJABARAN MENGENAI MODEL BISNIS INTERNET

 


ASSALAMUALAIKUM WARRAHMATULLAHI WABARAKATUH

     Halo teman – teman, untuk pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai Model Bisnis Internet. Apakah teman – teman sekalian sudah ada yang tahu mengenai istilah ini ? Kalo belum, yuk sama – sama kita simak. Langsung saja yaa..

Kita awali dengan pengertian Bisnis, apa sih bisnis itu ?

Bisnis adalah sebuah proses jual – beli baik berupa barang ataupun jasa yang tujuan dilakukannya adalah untuk mendapatkan laba / keuntungan.

KONSEP BISNIS

Konsep bisnis mempunyai 3 tahap, yakni Create product – Sell – profit

MODEL BISNIS

Berikut 3 model bisnis yang umum dikenal, diantaranya :

·       B2B (Business to Business) = Perusahaan > Perusahaan

1.    Jual Sistem Informasi

2.    Jual Website

3.    Jual Logo

4.    DLL

• B2C (Business to Consumer) = Perusahaan > Konsumen

1.    Jual Barang pribadi

2.    Jual Makanan

3.    DLL

• C2C (Consumer to Consumer) = Konsumen > Konsumen

1.    Jual Barang pribadi

2.    Jual Makanan

3.    DLL

Model Bisnis untuk web (Blog) yaitu ada 2, yaitu :

·  Trafik

1.    Jumlah pengunjung/hari

2.    Saran > 1000

• Peringkat Website

1.    DA (Domain Autority) > Cek di MOZ

2.    PA (Page Autority) > > Cek di MOZ


Model Bisnis Internet memiliki sumber pendapatan sebagai berikut :

  •      Dispaly Ads (Ex: Adsense DKK)
  •       Program Affiliasi (E-Commerce DKK)
  •       Jual Produk Sendiri
  •       Job Review
  •       Content Placement
  •       Kompetisi
  •      Event
  •       DLL

Syarat – syarat agar sebuah web bisa mendapat Adsense / Display Ads, diantaranya :

  • Blog usia minimal 6 bulan
  • Jumlah artikel > 50
  • Jumlah kata/artikel > 500
  • Domain TLD
  • Trafik > 1000 pengunjung/hari
  • Desain blog cepat & rapi
  • Komponen blog lengkap (about, contact, disclaimer, privacy police)
  • Rajin posting blog
  • Daftar akun adsense
  • Tunggu konfirmasi & banyak berdoa

Menurut Alexander Ostenwalderdan Yves Pigneur, Komponen model bisnis dibagi menjadi 9 komponen, yaitu :

  • Custommer segment, Dalam menjalankan roda bisnis, pertama sebuah perusahaan harus menetapkan siapa yang harus dilayani(pelanggan). Perusahaan dapat menentukan akan melayani satu atau bahkan lebih segmen.

  • Value PropositionAdalah manfaat yang ditawarkan perusahaan kepada segmen pasar yang dilayani.

  • Channels, Merupakan sarana bagi perusahaan untuk menyampaikan Value Proposition kepada Customer Segment yang dilayani.

  • Revenue Stream, Merupakan komponen vital. Umumnya perusahaan memperoleh pendapatan dari pelanggan. Namun banyak perusahaan bisa membuka aliran masuk pendapatan bukan dari kantong pelanggan saja.

  • Customer RelationshipCara perusahaan menjalin ikatan atau hubungan dengan pelanggannya.

  • Key Activities, Merupakan kegiatan utama perusahaan untuk dapat menciptakan proposi nilai. Proposisi nilai adalah nilai yang dapat dirasakan dari produk yang perusahaan berikan sebagai solusi untuk masalah konsumen atau kebutuhan konsumen.

  • Key Resources, Sumber daya milik perusahaan yang digunakan untuk mewujudkan proposal nilai. Sumber daya umumnya berwujud manusia, teknologi, peralatan, merek.

  • Key Partnership, Sumber daya yang diperlukan oleh perusahaan untuk mewujudkan proposo nilai. Key partnership dapat berwujud join atau aliansi strategi.

  • Cost structure, Adalah komposisi biaya untuk mengoperasikan perushaan mewujudkan proposi nilai yang diberikan kepada pelanggan. Struktur biaya yang efisien adalah kunci besarnya laba sebuah perusahaan.

 

     Sekian dulu ya teman – teman. Semoga ilmu nya bermanfaat bagi kita semua.

 



0 komentar