Assalamualaikum warahmatullahi
wabarakatuh
Hallo, apa kabar teman – teman ? Pada
kesempatan ini kita akan membahas sebuah artikel mengenai Interaksi Manusia dan
Komputer. Mungkin yang terbayang di pikiran kita semua adalah seorang manusia
yang melakukan interaksi ataupun hubungan dengan sebuah komputer / laptop.
Daripada kita berfikir lama – lama, yukk langsung aja kita bahas mengenai hal
ini.
PENGERTIAN
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Berdasarkan sumber dari wikipedia.com
yang disebut dengan Interaksi manusia dan
komputer (human–computer interaction atau disingkat HCI) adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia.
Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik.[1] Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah
serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk
berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan
balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan.
TAHAPAN PADA HCI (Human computer
interaction)
1. Perancangan
- Wirefame, adalah sketsa antarmuka pengguna atau user interface (UI).
- Storyboard, adalah penggambaran visual adegan, dialog, aksi dalam urutan berurutan.
- Wireflow, adalah representasi dari aliran layar, dengan mengumpulkan satu set wireframes terkait mengikuti urutan mereka muncul dalam aliran.
- Mockup, adalah desain statis menyerupai hasil akhir untuk mewakili suatu produk.
- Prototype, adalah versi konsep produk yang memungkinkan Anda menjelajahi ide-ide Anda dan menunjukkan rencana fitur atau konsep desain keseluruhan kepada pengguna sebelum ke tahapan pengembangan atau implementasi.
Manfaat Perancangan :
- Mudah
menggambar = Tidak membutuhkan alat khusus.
- Mudah dimodifikasi = tidak perlu pemrograman untuk memvisualisasikan ide-ide desain baru.
- Tidak diperlukan pengkodean = Hanya perlu menggambar bingkai gambar seolah-olah Anda menggunakan alat gambar.
2. Implementasi
adalah menerapkan hasil rancangan dari Wirefame, Storyboard, Wireflow, Mockup, Prototipe ke dalam bentuk aplikasi nyata.
Jenis
platform ada 3, yaitu :
-
Aplikasi
Mobile
-
Aplikasi
Desktop
-
Web
Contoh dari implementasi Mobile
adalah aplikasi Android Studio, implementasi Desktop adalah aplikasi Visual
Basic / Visual Basic Net, dan implementasi Website adalah Programming Native (HTML/
Hypertext Markup Language, CSS / Cascading Style Sheets, PHP / Hypertext
Preprocessor), Framework( CSS, PHP), CMS / Content Management System (WordPress,
Joomla , Drupal).
3. Evaluasi
Terdiri
dari 2, taitu Usability dan User Experience (UX) :
•
Usability
merupakan
tingkatan kemampuan antarmuka aplikasi dapat digunakan untuk mempermudah hidup pengguna.
•
User Experience (UX)
User
experience sesuai artinya dalam bahasa indonesia “pengalaman pengguna” adalah
pengalaman yang diberikan website atau aplikasi kepada penggunanya agar interaksi
yang dilakukan menarik dan menyenangkan.
Tahapan
pada Evaluasi
1.
Prototype Aplikasi
2.
Tugas Untuk User (Task)
3.
Kuesioner (Angket)
4. Pengguna (User)
Sekian artikel mengenai interaksi
manusia dan komputer, ini merupakan hal – hal dasar yang harus kita ketahui
jika ingin mempelajari mata kuliah tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat bagi
siapa saja yang membacanya. Sampai jumpa lagi di artikel – artikel berikutnya.
0 komentar