Apa sih IMK itu ?

 


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

          Hallo, apa kabar teman – teman ? Pada kesempatan ini kita akan membahas sebuah artikel mengenai Interaksi Manusia dan Komputer. Mungkin yang terbayang di pikiran kita semua adalah seorang manusia yang melakukan interaksi ataupun hubungan dengan sebuah komputer / laptop. Daripada kita berfikir lama – lama, yukk langsung aja kita bahas mengenai hal ini.

          PENGERTIAN INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

          Berdasarkan sumber dari wikipedia.com yang disebut dengan Interaksi manusia dan komputer (human–computer interaction atau disingkat HCI) adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik.[1] Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan.

          TAHAPAN PADA HCI (Human computer interaction)

1.    Perancangan

  1. Wirefame, adalah sketsa antarmuka pengguna atau user interface (UI).
  2. Storyboard, adalah penggambaran visual adegan, dialog, aksi dalam urutan berurutan.
  3. Wireflow, adalah representasi dari aliran layar, dengan mengumpulkan satu set wireframes terkait mengikuti urutan mereka muncul dalam aliran.
  4. Mockup, adalah desain statis menyerupai hasil akhir untuk mewakili suatu produk.
  5. Prototype, adalah versi konsep produk yang memungkinkan Anda menjelajahi ide-ide Anda dan menunjukkan rencana fitur atau konsep desain keseluruhan kepada pengguna sebelum ke tahapan pengembangan atau implementasi.

      Manfaat Perancangan :

  1. Mudah menggambar = Tidak membutuhkan alat khusus.
  2. Mudah dimodifikasi = tidak perlu pemrograman untuk memvisualisasikan ide-ide desain baru.
  3. Tidak diperlukan pengkodean = Hanya perlu menggambar bingkai gambar seolah-olah Anda menggunakan alat gambar.

 

2.      Implementasi

          adalah menerapkan hasil rancangan dari Wirefame, Storyboard, Wireflow, Mockup, Prototipe ke dalam bentuk aplikasi nyata.

Jenis platform ada 3, yaitu :

-          Aplikasi Mobile

-          Aplikasi Desktop

-          Web

            Contoh dari implementasi Mobile adalah aplikasi Android Studio, implementasi Desktop adalah aplikasi Visual Basic / Visual Basic Net, dan implementasi Website adalah Programming Native (HTML/ Hypertext Markup Language, CSS / Cascading Style Sheets, PHP / Hypertext Preprocessor), Framework( CSS, PHP), CMS / Content Management System (WordPress, Joomla , Drupal).

3.      Evaluasi

Terdiri dari 2, taitu Usability dan User Experience (UX) :

• Usability

merupakan tingkatan kemampuan antarmuka aplikasi dapat digunakan untuk mempermudah hidup pengguna.

• User Experience (UX)

User experience sesuai artinya dalam bahasa indonesia “pengalaman pengguna” adalah pengalaman yang diberikan website atau aplikasi kepada penggunanya agar interaksi yang dilakukan menarik dan menyenangkan.

 

Tahapan pada Evaluasi

1. Prototype Aplikasi

2. Tugas Untuk User (Task)

3. Kuesioner (Angket)

4. Pengguna (User)

          Sekian artikel mengenai interaksi manusia dan komputer, ini merupakan hal – hal dasar yang harus kita ketahui jika ingin mempelajari mata kuliah tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya. Sampai jumpa lagi di artikel – artikel berikutnya.

 


0 komentar