INTERNET MARKETING ADALAH . . .

 


     Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh...

   Selamat datang lagi di blog aku, yaitu zackya’s blog. Untuk kali ini aku akan membahas mengenai INTERNET MARKETING, Hah ? internet marketing ? apa itu..

Oke dari pada bingung mikirin langsung saja kita masuk ke pembahasannya. Check it out !

     PENGERTIAN INTERNET MARKETING

     Internet marketing adalah segala upaya yang dilakukan untuk memasarkan suatu produk ataupun jasa melalui media elektronik atau internet.

     ELEMEN DALAM INTERNET MARKETING

     Marketing atau pemasaran melalui internet mengandung elemen – elemen agar proses bisnis berjalan dengan baik dan sukses. Elemen – elemen nya yaitu Media sosial, Youtube, Website, Email, Sales, Search Engine Marketing, Artikel – Artikel SEO, dll.

     CIRI – CIRI INTERNET MARKETING

     Internet marketing memiliki beragam ciri – ciri, diantaranya yaitu :

  • Ruang lingkup untuk melakukan promosi cenderung lebih besar dan luas, serta ditujukan bagi siapa saja dan dimana saja.
  • Tipe promosinya lebih terpencar dan fleksibel, misalnya lewat berbagai media social, artikel – artikel online, dsb.
  • Komunikasi yang dilakukan dalam bentuk banyak arah, artinya baik si penjual maupun si pembeli sama – sama aktif dalam mendiskusikan suatu produk
  • Komunikasi yang dilakukan sangat respontif dan terbuka, misalkan E-Commerce yang menyediakan layanan 24 hours.
  • Kaya akan pengalaman yaitu alternatif dan inovatif. Maksudnya adalah Kebutuhan teknis yang berubah dan konsep marketing yang inovatif, Tetapi posisi hukum komersial kurang terjamin.
  • Supervisi yaitu menjaga konsumen dan platform teknologi yang digunakan. Maksudnya adalah Aktifitas marketing diselingi oleh otoritas yang terkait dengan penjagaan hak-hak konsumen, kompetitor, dan teknologi yang digunakan baik oleh operator dan pengguna.

     ALASAN DIPERLUKANNYA INTERNET MARKETING

  •     Karena teknologi internet yang telah mengalami perkembangan yang sangat besar
  •     Orang – orang sudah banyak yang tahu dan paham dengan teknologi
  •     Karena penggunanya merupakan orang – orang yang berpindah dari offline ke online
  •     Proses jual beli baik itu barang maupun jasa sudah menggunakan cara modern dan tidak lagi menggunakan cara tradisional
  •     Cara pemasaran suatu produk juga harus berubah, yaitu diubah menjadi internet marketing   

     LANGKAH – LANGKAH YANG DILAKUKAN DALAM INTERNET MARKETING

1)      Melakukan riset produk

2)      Melakukan riset terhadap persaingan

3)      Membuat atau mencari produk

4)      Memulai marketing atau pemasaran

     BAGIAN – BAGIAN BESAR INTERNET MARKETING

     Ada beberapa bagian besar dari internet marketing, diantaranya :

1.      General Internet Marketing (GIM)

·         Search Engine Optimization (SEO)

·         Social Media Marketing (SMM) & Social Media Optimization (SMO)

·         Email Marketing

·         Content Marketing

2.      Search Engine Marketing (SEM)

·         Pay-Per-Click (PPC)

·         Cost-Per-Impression

·         Search Analytics

·         Web Analytics

3.      Display Advertising (DA)

4.      Affiliate Marketing (AM)

5.      Mobile Advertising (MA)

 

     Mungkin sekian dulu mengenai pembahasan kali ini, semoga teman – teman semua dapat mengerti dan paham tentang apa – apa saja yang dibahas diatas tadi. Sekian terimakasih.

 

     Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh...



 

 

 


0 komentar