Assalamualaikum
warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat
sore teman – teman ku semua, di kesempatan kali ini kita bakal ngebahas
mengenai “Usability ”. Dulu sebenernya juga udah dibahas sih, cuman gapapa,
biar lebih paham yukk kita bahas lagi. Sekarang kita bakal ngebahas mengenai “Evaluasi
Usability” nya nihh, ayok langsung aja…
Pengertian Usability
Berikut
pengertian usability menurut beberapa ahli :
Santoso,
usability merupakan derajat kemampuan sebuah aplikasi untuk membantu pengguna
menyelesaikan sebuah tugas.
ISO
9241-11 (Bevan, 1995), mendefinisikan usability merupakan sejauh mana suatu
produk dapat digunakan oleh pengguna tertentu untuk mencapai target yang
ditetapkan dengan effectiveness, efficiency dan satisfaction.
Jacob
Nielson, usability didefinisikan sebagai kemampuan sistem untuk memenuhi
kebutuhan pengguna dengan 5 atribut penilaian, yaitu learnability, efficiency,
memorability, errors, dan satisfaction.
Pressman,
usability merupakan tingkatan kemampuan antarmuka aplikasi dapat digunakan
untuk mempermudah hidup pengguna.
ALAT UJI USABILITY
·
SUS
(System Usability Scale) : Merupakan kuisioner yang sederhana dan dapat
diandalkan
·
QUIS
(Questionnaire for User Interface Satisfaction)
·
CSUQ
(Computer System Usability Questionnaire)
·
Words
(adapted from Microsoft’s Product Reaction
·
Cards)
·
DLL
Nah,
disini kita bakal bahas alat uji Usability yang no.1 yaitu SUS (System
Usability Scale).
SUS (System
Usability Scale)
SUS
dikembangkan oleh John Brooke, merupakan skala kegunaan yang handal, populer,
efektif dan murah yang dapat digunakan untuk penilaian global terhadap kegunaan
system. SUS sendiri memiliki 10 komponen pertanyaan dan 5 pilihan jawaban mulai
dari sangat tidak setuju sampai sangat setuju serta memiliki skor minimal 0 dan
maksimal 100. Versi Asli SUS menggunakan Bahasa Inggris. SUS ada versi Bahasa
Indonesia.
ATURAN PERHITUNGAN
SKOR SUS
·
Setiap
pertanyaan bernomor ganjil, skor setiap pertanyaan yang didapat dari skor pengguna akan dikurangi 1.
·
Setiap
pertanyaan bernomor genap, skor akhir didapat dari nilai 5 dikurangi skor pertanyaan yang didapat dari pengguna.
·
Skor
SUS didapat dari hasil penjumlahan skor setiap pertanyaan yang kemudian dikali
2,5.
TAHAPAN PENGAMBILAN
DATA SUS
·
Prototype
aplikasi harus selesai
•
Cari
pengguna (responden)
•
Diberikan
kuesioner (angket)
•
Responden
mengisi form data diri
•
Responden
mengerjakan tugas (task)
•
Responden
mengisi kuesioner SUS
•
Wawancara
(Opsi)
CONTOH
ITEM SUS
·
Saya
berpikir akan menggunakan sistem ini lagi.
·
Saya
merasa sistem ini rumit untuk digunakan.
·
Saya
merasa sistem ini mudah digunakan.
·
Saya
membutuhkan bantuan dari orang lain atau teknisi dalam menggunakan sistem ini.
·
Saya
merasa fitur-fitur sistem ini berjalan dengan semestinya.
·
DLL
Perlu diketahui bahwa Evaluasi
usability merupakan suatu cara untuk meningkatkan atau
mengembangkan sistem sebelum sistem tersebut diterapkan, untuk meningkatkan
sistem yang sudah ada, dan untuk memilih sistem yang usable atau bermanfaat.
Sekian
dulu pembahasan mengenai evaluasi usability nya, terimakasih…
1 komentar
Casino Review - Dr.MD.com
BalasHapusThis is 안양 출장샵 a review of 상주 출장안마 all of the games 광명 출장마사지 offered 군산 출장마사지 by our casino 충청남도 출장샵 in our casino, powered by Pragmatic Play. With a wealth of different features,